Biaya Melahirkan di RS Harapan Keluarga Rancaekek Bandung

Biaya Melahirkan di RS Harapan Keluarga Rancaekek Bandung

Masih melanjutkan cerita sebelumnya tentang survei berapa biaya melahirkan terbaru khususnya untuk wilayah Bandung ya teman-teman. Kali ini aku mau menuliskan rincian biaya melahirkan di RS Harapan Keluarga Bandung.

Ohya, sebelumnya Rumah Sakit Harapan Keluarga itu ada 2 ya di Bandung. Yang pertama adalah Klinik Utama Kebidanan Harapan Keluarga yang beralamat di Jl. Pasir Salam Raya I No.6-8, Ancol, Regol, Kota Bandung. Yang kedua adalah Rumah Sakit Umum Harapan Keluarga yang ada di Jalan Rancaekek, Cipacing KM 20, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Dan yang akan aku bahas kali ini di blog adalah RS Harapan Keluarga yang kedua ya (yang ada di Rancaekek).

Lokasi RS Harapan Keluarga ini memang masuknya di wilayah administratif Jatinangor, Sumedang. Detail lokasinya bisa dicek di Maps di bawah ini ya. Tapi nama jalannya ada di Jalan Raya Rancaekek. Yang mana sebagian wilayah Rancaekek itu separuh masuk ke Bandung, separuh lagi masuk ke Sumedang. Tapi biar ringkas, selanjutnya kita sebut aja Rumah Sakit Harapan Keluarga Rancaekek Bandung ya. Sepakat? Oke!

Pertama kali periksa kandungan di RS Harkel Rancaekek Bandung ini pas hamil anak kedua tahun 2015 lalu. Pertimbangannya kenapa pilih periksa hamil di rumah sakit di sekitar timur Bandung ini karena lokasinya dekat dengan rumah. Tinggal ngelundung sampai hahaha, 15 menit aja Sis gak pakai lama (kecuali macet). Selain itu, di RS ini, ada dokter kandungan perempuan yang praktek. Namanya dr. Indah Maharani, SpOG. Sejak hamil anak pertama tahun 202 lalu, aku memang prefer periksa hamil di dokter kandungan perempuan.

Baca:



Biaya Melahirkan di RS Harapan Keluarga Rancaekek

Periksa kandungan saat hamil anak kedua memang beberapa kali ke RS Harapan Keluarga Rancaekek ini. Tapi pas lahiran anak kedua mah tetep saja melahirkan di bidan langganan dari sejak melahirkan anak pertama dulu. Dan nanti pas melahirkan anak ketiga juga rencananya aku akan melahirkannya di bidan tersebut lagi. Tapi walaupun begitu, gak ada salahnya donk kalau kami tetap survei tempat melahirkan selain di bidan langganan. Salah satu RS yang kami survei sebagai provider yang membantu melahirkan anak ketiga adalah RS Harapan Keluarga ini.

Di bawah ini ya teman-teman rincian detailnya berapa biaya melahirkan di RS Harapan Keluarga Rancaekek:

perkiraan Biaya melahirkan di RS Harapan Keluarga bandung
Biaya melahirkan di RS Harapan Keluarga Rancaekek tahun 2018

Tambahan info, untuk biaya kuretase di RS Harapan Keluarga Rancaekek Bandung ini adalah Rp 3.750.000.

Untuk biayanya, sebenarnya gak beda jauh dengan harga melahirkan terbaru di RSIA Humana Prima Rancabolang yang pernah aku tuliskan juga di blog ini sebelumnya. Namun, RS Harapan Keluarga Rancaekek ini menang di lokasi (lebih dekat dari rumah). Fasilitasnya juga terbilang lebih baru daripada RS Humana Prima. Tapi dokter kandungan langgananku selama periksa hamil ketiga ini sayang sekali gak praktek di RS Harapan Keluarga ini.

Baca:

Kalau pun nanti aku melahirkan di sini, untuk kamar perawatannya aku rencana ambil yang VIP. Sempat ditawarin yang VVIP. Tapi setelah kami survei, lokasi kamar VVIP-nya lebih ke belakang dan suasananya lebih gelap dari pada kamar VIP, walaupun kamar VVIP-nya lebih baru. Fasilitas kamar VIP yang bakal didapatkan oleh pasien di RS Harkel ini adalah: 1 kamar untuk 1 pasien, kamar mandi dalam, lemari, meja makan, sofa, AC, TV, kulkas, dan kursi tunggu pasien.

Rumah Sakit Harapan Keluarga Rancaekek ini sekarang sudah terima pasien rujukan BPJS. Beda dengan saat saya dulu melahirkan anak kedua tahun 2015, RS ini belum terima pasien BPJS. Alhamdulillah tahun 2018 ini sudah ada kerja sama dengan BPJS. Jadi teman-teman yang mau memanfaatkan fasilitas BPJS, bisa ke rumah sakit ini. Tapi kalau lahirannya ada indikasi gawat ya. Kalau normal-normal aja dan lahirannya bisa ditangani di faskes 1, ya mohon maaf, klaim BPJS tidak bisa di rumah sakit ini. Lahirannya tetap dengan biaya sendiri alias umum. Baru bisa dipakai BPJS-nya kalau dokter kandungan bilang ini gawat darurat (ketuban pecah, darah tinggi, bayi sungsang, pendarahan, bayi terlampau besar, dll).

Baca: Tanda Tanda Melahirkan

Ohya, kabar terbaru, saat bersalin di RS Harapan Keluarga ini nanti, kami gak boleh bawa anak kecil. Hiks ini yang bikin sedih :(. Aku tetap harus memikirkan nasib anak pertama dan keduaku gimana nasibnya kalau nanti ditinggal melahirkan sementara aku gak punya keluarga dekat yang bisa dititipi. Kepikiran sih nanti nitip ke tetangga. Tapi takut ngerepotin. Lihat nanti deh gimana baiknya.

Maaf ya gak ada foto-foto penunjang. Soalnya pas habis survei biaya melahirkan di RS Harapan Keluarga Rancaekek Bandung ini, HP-ku ngehang dan harus di reset factory. Foto-fotonya belum sempat dipindah ke komputer. Tapi semoga informasi tentang berapa biaya melahirkan di Bandung khususnya di RS Harkel ini bisa membantu teman-teman ya.

Sampai ketemu di tulisan berikutnya 🙂



Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.