Biaya Melahirkan di RS Hermina Arcamanik Bandung

Biaya Melahirkan di RS Hermina Arcamanik Bandung

Melahirkan di RS Hermina Arcamanik Bandung pernah terlintas di benakku dan suami. Ini karena sejak hamil anak pertama, kami beberapa kali periksa kandungan ke dokter kandungan perempuan yang praktek di salah satu rumah sakit yang menjadi andalan di daerah Bandung Timur ini.

Baca: Dokter Kandungan Perempuan di Bandung




Awal kehamilan ketiga kemarin, aku sempat balik lagi periksa hamil di RS Hermina Arcamanik, Bandung sama seperti saat aku hamil yang kedua dan ketiga. Tapi ternyata sampai hampir melahirkan (akhir trimester 3), aku dan suami gak balik lagi ke RS Hermina Arcamanik. Soalnya lokasi RS Hermina Arcamanik yang berada di Jalan A.H. Nasution nomor 50 Antapani Bandung, terasa lebih jauh sekarang dari rumah kami. Belum lagi kalau macet dan rempong bawa 2 anak laki-laki yang super aktif.

Selain itu, kondisi RS Hermina Arcamanik juga sekarang ramai banget dengan pasien. Tidak setenang dulu. Harga total periksa kandungannya juga lebih mahal dibanding tempat praktek dokter kandungan lain. Biaya yang perlu dikeluarkan di tahun 2018 ini untuk sekali konsultasi dengan dokter spesialis dokter kandungan adalah Rp 195.000. Untuk print USG 2D-nya Rp 83.000. Ini belum termasuk biaya obat-obatan atau vitamin dan cek laboratorium.

Sebenarnya untuk harga konsultasi dengan SpOg-nya tidak beda jauh dengan biaya periksa dokter kandungan di tempat lain di Bandung. Misalnya tarif periksa dokter kandungan di Klinik Bunda Nanda Cipadung Cibiru, RSIA Humana Prima Rancabolang, dan RS Harapan Keluarga Cipacing Rancaekek harganya Rp 200.000 untuk sekali periksa. Harga ini belum termasuk dengan biaya print USG 2D. Kalau mau ngeprint hasil USG 2D-nya, kita perlu menambah biaya sekitar Rp 50.000. Tapi hasil printnya lebih kecil. Sedangkan biaya periksa dokter kandungan di RS Al Islam Bandung tahun 2018 sekitar Rp 150.000.

Baca: Survei Tempat Melahirkan di RS Al Islam Bandung



Biaya Melahirkan di RSIA Hermina Arcamanik Bandung

Nah waktu awal-awal kehamilan ketiga ini, pas udah selesai periksa dengan dokter kandungan, aku kan sempat tanya ke bagian informasi tentang perkiraan berapa biaya melahirkan di RSIA Hermina Arcamanik Bandung. Petugas di bagian informasinya membantu menerangkan perkiraan harganya dengan cukup detail dan aku dikasih selembar kertas fotokopian untuk dibawa pulang.

Ini aku fotoin ya teman-teman perkiraan harganya. Siapa tahu teman-teman sedang butuh info tarif persalinan tahun 2018 di Bandung ini. Biasanya kalau di Hermina, harga persalinan ini naik di awal tahun. Jadi untuk harga atau biaya melahirkan tahun 2019 hitung aja kenaikannya sekitar 10%.

Perkiraan biaya persalinan 2018 di Bandung
Biaya persalinan tahun 2018 ini di Hermina Arcamanik Bandung

Kebetulan ini aku juga masih menyimpan fotokopian perkiraan biaya persalinan di RS Hermina Arcamanik tahun 2014 yang lalu. Bisa dibandingkan dan dilihat kan ya berapa selisih harganya. Makin ke sini makin mahal biaya melahirkan bayi. Heuheu. Uwow bangetlah biayanya.

Perkiraan biaya persalinan 2018 di Bandung
Biaya persalinan tahun 2014 lalu di Hermina Arcamanik Bandung

Kalaupun nanti aku melahirkan di RS Hermina Arcamanik ini, aku rencana ambil kelas VIP karena bisa bawa dua anakku yang lain. Soalnya kalau perawatan pasca melahirkan di kamar kelas 1, tidak bisa bawa anak kecil euy. Hiks.

Tapi kemungkinan aku gak melahirkan di sini sih. Soalnya jauh dari rumah dan mihil, hihihi dan aku kan bayarnya pakai uang pribadi dan gak di – cover sama asuransi. Sayang aja duitnya. Cuma punya BPJS aja yang baru bisa dipakai kalau kondisi darurat di RS Hermina Arcamanik ini.



Baca: Melahirkan dengan Bantuan Dana BPJS

Semoga sampai waktu persalinan anak ketiga tiba nanti, aku bisa melahirkan normal pervaginam di bidan langganan aku. Tetap sugesti postifi. Lebih murah, homy, ramah, dan selisih uang melahirkannya bisa dipakai untuk keperluan keluarga yang lain. Maklum anaknya banyak jadi juga harus mikirin keperluan yang lain 😀 :p

Doain ya teman-teman biar semuanya lancar dan tidak ada kendala berarti. Semangat, hari H semakin dekat 🙂

Baca: Survei Tempat Melahirkan di RS Humana Prima Rancabolang Bandung

Oke deh. Itu aja tulisan kali ini tentang perkiraan biaya melahirkan di RS Hermina Arcamanik Bandung. Semoga bermanfaat dan sehat-sehat ya semuanya 🙂



40 thoughts on “Biaya Melahirkan di RS Hermina Arcamanik Bandung”

  1. Lumayan juga ya teh di hermina, aku kalau cuma konsul kandungan di RSUD ujung berung yg murah cuma 100rb, 110rb sama print usg tp itu biaya tahun 2016-2017 gak tau skrg hehe. Hermina sekarang ramai soalnya yang pakai bpjs sekarang dirujuk ke hermina teh, RSUD Uber udah gak nerima pasien bpjs kecuali urgent. Semoga lancar ya teh persalinannya nanti.

  2. Waah terima kasih banyak infonya, lumayan juga naiknya.. Sy juga sedang hamil anak ketiga Insya Allah HPL april 2019. Tahun 2016 sy melahirkan sc kelas 3 18jt, lumayan 2018 naik 3jt, berarti kurleb 2019 naiknya 1-2jt ya..

  3. mba mau tau tanya waktu di hermina arcamanik mba di suruh tes lab prenatal baru tanpa torch ga?, klo iya boleh tau kisaran biaya nya g? kebetulan sy jg di hermina arcamanik

    • Dulu saya sebelum hamil anak pertama ambil tes TORCH dulu Teh, tapi bukan disuruh sama dokternya, tapi atas permintaan sendiri. Dulu harganya sekitar 2,5 juta (7 tahun lalu). Kalau sekarang gak tahu deh berapa harganya.

  4. Pingback: Biaya Melahirkan di Klinik Utama Bunda Nanda, Cipadung, Bandung - Armita Fibriyanti
  5. Masih murahan alislam ya….. wah ternyata teman keb juga, pernah lagi cari info di google rumah sakit yang murmer dapet info dari webmu mba. Makasih ya sangat membantu. Semoga dimidahkan persalinannya ya.

  6. Aku sih udah gak ada rencana untuk hamil lagi, tapi lumayan juga yah biayanya sekarang.

    Aku lahiran Kayla di dokter, sedangkan Fathir di bidan. Dan menurutku kalo emang kehamilannya gak ada masalah mah lebih enak ama bidan sih hehe.

  7. Halo, ikut berbagi. tgl 20 januari kmrn saya melahirkan dengan cara normal di hermina arcamanik. dengan pembayaran pribadi tanpa BPJS. awalnya saya kira perkiraan biaya melahirkan sesuai yang di brosur, sekitar 13 juta ke atas (tahun 2019) dengan mengambil kelas III. Tapi.. saya agak kaget ketika hari pertama setelah melahirkan saya sudah diperbolehkan pulang, saya hanya dibebankan biaya Rp. 6,089,000,- + biaya perawatan bayinya sekitar 800ribu saja. Hampir separuh dari biaya yg tertera di brosur.
    Ketika saya tanya ke bagian admin, mereka menjelaskan bahwa saya mengambil paket hemat. Entah bagaimana prosesnya kok ujug2 bisa ada paket hemat.
    Mungkin ini bisa jadi solusi buat ibu2 yang lain, coba tanyakan paket hemat di bagian PMO. Mungkin bisa mendapat harga yang lebih murah.

    • Wah Alhamdulillah cuma bayar 50% aja ya berarti dari harga normal. Terima kasih ya Teh Dyah sudah berkenan sharing tentang biaya melahirkan di RS Hermina tahun 2019. Sehat selalu untuk Teteh dan bayi ya.

  8. Terima kasih banyak informasinya teh. Kebetulan widya juga insyaAllah melahirkan di bulan Mei. jadi memang sangat membutuhkan informasi ini karena lagi milih-milih tempat melahirkan yang tepat. 😀

  9. Assalamu’alaikum…
    Teh Armita, terima kasih banyak atas informasinya sangat bermanfaat. Qadarulloh pagi ini aku baru test pack dan positif. langsung cari2 info spog perempuan daerah Bandung Timur karena aku tinggal di Cinunuk.
    Teh, kalo selama hamil periksa ke satu dokter misalnya, lalu ketika melahirkan tidak ditempat periksa dan dokter yang sama. Saya tinggal di Bandung, asli Tasik. Bila suatu hari takdirnya melahirkan kebetulan diTasik, bolehkah?
    Terima kasih sebelumnya Teh.

    • Walaikumsalam wrwb.
      Bisa banget Teh. Saya juga pas melahirkan tidak di tempat biasa periksa hamil.
      Sehat selalu ya

  10. Assalamualaikum,, teh mau nanya persalinan oleh bidan sama oleh dokter bedanya dimana teh? tapi lahirannya tetep di hermina gitu? hehe

  11. Iya kalau lihat di brosur perkiraan 10-13jt itu kan untuk selama 3hr. Untuk Teteh yg di atas mungkin jdi murah karen hanya satu hari saja cmiiw

    • Halo. Maaf saya belum pernah melahirkan secara caesar di RS Hermina Arcamanik. Jadi saya tidak punya referensi.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.